Jumat, 25 Januari 2008

Januari 2007 dan 2008 tetap tentang kerjaan

uhuy dah 2008. gw bandingin antara 2007 and 2008, buat gw ada kesamaan yaitu :
GW NGANTOR DI TEMPAT YANG BARU. 1 Desember 2006 gw keterima di GTZ INt' Service dan 1 Desember 2007 gw keterima di Pertambangan dan energi. uhuy tiap taon aja kayak gini. tanggal 25 desember 2006 gw disuruh nganterin peralatan 2wcom ke bali. tanggal 25 desember 2007 gw dipaksa ngantor buat ngejer target laporan. kayaknya mesti ke mak erot buat memastikan pergantian taon 2008 ga ada lagi aktivitas dudul di hari libur!!!.

Dulu kerjaan merupakan siksaan fisik dan mental, sekarang tantangan yang mesti dihadapi. Kayaknya salah banget dulu gw kerja sama bule dalam kondisi mental anak tk. Abis belum baca bukunya The Magic Of Thingking Big oleh David J Schwartz. asli nyesel, kenapa gw dulu ngga bisa tunjukin ferforma terbaik gw dan akhirnya tersingkir dengan manis di pentas internasional. Lebih dramatis lagi, partner sekantor membuat review jelek tentang gw. padahal di depan gw semua terlihat baik-baik aja. tau2 gw mendengar kabar kalo banyak yang mengeluhkan kinerja gw. wah..wah..wah, kok gitu.

Ya sudah, itu adalah pembelajaran buat gw. Teman sekantor itu cuma buat didengarkan dan bukan buat diajak curhat. wah..ngaa banget. sekarang gw mo nunjukin bahwa penilaian mereka itu salah. silakan menyingkirkan gw di pentas "itu" tapi gw masih bisa bertahan dan suatu hari akan balik ke pentas itu dengan performanya ala pak Schwartz.

mungkin orang-orang yang lagi nganggur bagus buat baca tuh buku. setjara kemarin baca milis. ya ampun banyak banget yah orang yang milih2 kerja. duh neng..neng zaman sekarang mah udah bagus di panggil interview. orang bilang hidup gw enak, kayaknya kerjaan ngalir aja. ngga ada putus2nya. well alhamdulilah tampak luar seperti itu, padahal didalamnya bedarah2 he..he... maksdunya gw pernah mengalami masa nggangur bin ngga ada kerjaan binti gigit jari ditolak sama perusahaan yang levelnya masih "kadal". tapi ga ada kata menyerah karena menurut pak Schwartz kekalahan itu cuma ada dipikiran. Yup, bener banget ga ada itu kekalahan. Cuma ada mundur teratur dan kemudian menyerang lagi.
Ada yang lebih menyedihkan lagi. di kantor gw, banyak anak2 yang baru mencicipi dunia kerja mengeluhkan kalo di tempat gw kerja itu terlalu under pressure, capek, stress, bosen. ai mak..giling!!! sebangsa gw kagak membaca buku2 tentang human capital udah gw tendang nih orang2 dari dunia profesional. kerja itu dimana sih yang ga capek??!!!!. kalo mo nurutin males, semua tempat kerja bakal berasa ga nyaman. Kayaknya ada aja yang bisa dikeluhkan. Mulai dari gaji, jam kantor, insentif, jabatan. bla..bla..bla. Trus kalo udah gitu mesti gimana? berenti kerja atau pindah kerja. sok atuh silakan! dijaman serba kompetisi kayak gini, mental PEMALAS tinggal nuggu waktu buat di buang. Well kembali karena gw membaca buku-buku tentang human capital dan ke HRD an. sebenarnya ga perlu lah adanya pemecatan (berkaca pada pengalaman FEDERAL EXPRESS yang comit buat ga mecat pegawainya). Jadi orang2 dengan mental2 pemalas ini kemungkinan bakal ;
1. Gw ajak konsultasi buat menanyakan keluhan dia apa dan bagaimana buat membasmi penyakitnya
2. kalo dapat izin, baiknya di training ulang
3. pindah ke divisi lain, yang kerjaannya lebih berat
4. dikasih target dan dipacu buat mengeluarkan kemampuan terbaik.
kalo emang ga bisa lagi ya sudlah terpaksa dengan segala hormat silakan cari kerja di tempat lain brur!
ahhh cape....(loh kok ikutan ngeluh)

Gw pengen memberdayakan minat membaca buku di kalangan rekan sekantor gw. karena banyak hal yang bisa diperolah dari buku. Banyak ide2 dan gagasan gw yang sekarang diimplementasikan di kantor sebenernya contekan dari buku (hey..hal paling mudah didunia itu mencontek). Mereka pikir gw so smart, so brave, so ambitious. aduh salah banget! gw hanya orang biasa yang ditempa kerasnya hidup di jakarta namun tetap bertahan. gw belajar untuk lebih wise dalam memandang kesusahan, lebih fokus ke solusi, dan percaya semua mimpi bisa terwujud asal tekun dan rajin improvisasi. Kadang kepercayaan diri gw bisa anjlok (ya iyalah..kalo kena terjangan bertubi-tubi). Untuk ngumpulin nyawa lagi itu gw bedarah2 alias nangis bajay ga jelas, marah-marah ama orang serumah,menutup diri sama temen2 gw, pokoknya secara psikologis menunjukan tanda-tanda stres berat. bisa dilihat dari postingan gw dulu (he..he..). but, ada saat gw harus bangkit dan belajar untuk menggempur (dunia kerja) lagi dengan performance yang beda. Bukan anak tk yang cengeng dan meratapi kerjaan lagi. Gw bekerja dengan sepenuh otak dan badan. di kepala gw sekarang target, solusi, target, solusi. Cukup menjadi pendengar jangan banyak cerita.
Gak mau takut lagi, ga mau dianggap manja lagi, ga mau lagi semua negatif itu..!!

gw adalah gw yang baru, walaupun kerjaan gw beda sama jurusan kuliah, bukan berarti gw bisa dikalahkan oleh orang-orang berotak matematika dan fisika. mungkin gw kurang teliti tapi gw bisa membuat perubahan lebih besar dengan memperhatikan detail kecil. gw adalah orang yang SANGAT DIBUTUHKAN oleh kantor gw. secara teori labeling yang gw pelajari di masa kuliah; orang akan menjadi seperti yang dipikirkannya. maka gw akan menjadi apa yang gw pikirkan sekarang.
uhuyyyyyy...happy nu year

Tidak ada komentar: